HIKMAH PENCIPTAAN MANUSIA DAN JIN


وقول الله تعالى: {وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ} 

Firman Alloh Ta’ala: “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaKu.” (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Makna Ibadah

Secara Bahasa, ibadah adalah perendahan diri dan ketundukan.

Menurut Istilah Syari’at, ibadah adalah suatu nama yang mencakup segala sesuatu yang Alloh cintai dan ridhai, baik berupa ucapan maupun amalan, dan yang tampak maupun yang tidak tampak.

Alloh Ta’ala mengabarkan bahwa Alloh tidaklah menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaNya, maka ayat ini adalah penjelasan tentang hikmah penciptaan manusia dan jin. Alloh tidak menginginkan apapun dari mereka sebagaimana keinginan seorang tuan dari budaknya, berupa bantuan rizki dan makanan, kecuali bahwa keinginan Alloh hanyalah kemashlahatan untuk mereka.

Faedah Ayat

1. Kewajiban mengesakan ibadah kepada Alloh bagi seluruh makhluk: jin dan manusia.

2. Penjelasan tentang hikmah penciptaan jin dan manusia.

3. Bahwa Sang Penciptalah yang berhak mendapatkan peribadahan. Dalam hal ini, terdapat bantahan terhadap penyembah berhala dan selainnya.

4. Penjelasan bahwa Alloh ﷻ tidak memerlukan makhlukNya dan (penjelasan tentang) perlunya para makhluk kepada Alloh sebab Dia-lah Yang mencipta, sedang mereka adalah yang diciptakan.

5. Penetapan adanya hikmah dalam setiap perbuatanNya Subhaanahu.

{Referensi: Kitab Al-Mulakhkhash Syarah Kitab Tauhid, DR. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan}

0 komentar :

Posting Komentar