Alloh ﷻ MENCIPTAKAN MAKHLUK-NYA UNTUK BERIBADAH KEPADANYA

  
✍️ Admin MBI 

Alloh ﷻ berfirman: (QS. Adz-Dzaariyaat: 56)

 وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

 “Tidak Aku ciptakan jin dan Manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku.” 

 Ibadah ialah penghambaan diri kepada Alloh ta’ala dengan mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, sebagai-mana yang telah disampaikan oleh Rosululloh ﷺ. Dan inilah hakekat agama Islam, karena Islam maknanya ialah penyerahan diri kepada Alloh semata, yang disertai dengan kepatuhan mutlak kepada-Nya, dengan penuh rasa rendah diri dan cinta. 

 Ibadah berarti juga segala perkataan dan perbuatan, baik lahir maupun batin, yang dicintai dan diridhai oleh Alloh. Dan suatu amal akan diterima oleh Alloh sebagai ibadah apabila diniati dengan ikhlas karena Alloh semata; dan mengikuti tuntunan Rosululloh ﷺ. 

Alloh ﷻ mengabarkan bahwa Alloh tidaklah menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaNya, maka ayat ini adalah penjelasan tentang hikmah penciptaan manusia dan jin. Alloh tidak menginginkan apapun dari mereka sebagaimana keinginan seorang tuan dari budaknya, berupa bantuan rizki dan makanan, kecuali bahwa keinginan Alloh hanyalah kemashlahatan untuk mereka. 

[Referensi: Mulakhkhash Syarah Kitab Tauhid, DR. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan] 

📢 Silahkan di share semoga bermanfaat bagi yang lain... 

♻️ Instagram : @maribelajarislam1576 
➡️ Klik: https://goo.gl/kcBQEb 

 🌐 Telegram: @abulailah 
➡️ Klik: https://t.me/abulailah 

♻️ Instagram : @lapakbukumbi 
➡️ Klik: https://goo.gl/0SNFfm 

=========🍃🍀🍃=========

0 komentar :

Posting Komentar